Pilihan dalam Hidup 3

Pada tulisan sebelumnya memaparkan tentang metode Win-win solution dalam menentukan pilihan. Metode ini mencoba untuk mencari keuntungan dalam menentukan setiap pilihan dalam permasalahan yang dihadapi. Pada tulisan ini saya mencoba memaparkan bahwa benturan antara idealisme dan realita bisa diselaraskan.

2. Idealisme + Realita = Visi

Konsep ini saya dapatkan setelah sebelumnya memposting/mengupdate status di FB tentang benturan antara idealisme dan realita. Kemudian ada tanggapan dari seorang teman dan memberikan rumusan Idealisme + Realita = Visi. Saya mengucapkan terima kasih kepada teman saya “Lek Kanip” yang telah memberikan inspirasi dalam tulisan saya ini. Ya konsep ini mencoba untuk menyelaraskan antara idealisme dengan realita menjadi sebuah visi.

Idealisme dan realita dapat diselaraskan dengan mengacu pada prinsip bahwa dimana saja kita berada, prinsip/idealisme tetap kita jaga. Disaat ada kesempatan bekerja di luar disiplin ilmu, jadikan itu tempat kita untuk menanam investasi di masa depan agar dapat berkecimpung dalam dunia kerja yang sesuai dengan disiplin ilmu kita. Misalnya, seorang lulusan Teknik dari ITS, kemudian mendapatkan kesempatan bekerja di salah satu bank terbesar di Indonesia, awalnya merasa bahwa ini tidak sesuai dengan idealismenya. Namun setelah berpikir sejenak dan mempertimbangkan dengan cukup matang, maka di ambil kesempatan ini. Idealisme yang tetap dipertahankan adalah dapat berkiprah di dunia oil and gas company. Ia berpikiran bahwa jalur untuk berkiprah di dunia oil and gas company juga bisa melalui jalur Bank. Ia akan memanfaatkan pekerjaan di bank untuk menabung hingga nantinya ia dapat membeli saham perusahaan minyak dan gas dan menjadi pemilik perusahaan tersebut.

Kasus di atas adalah salah satu bentuk dari menyelaraskan Idealisme dan Realita. Ia mencoba untuk mengambil pilihan pada realita dengan tetap mempertahankan idealismenya dan hingga pada suatu saat ia akan meraih apa yang ia cita-citakan. Ini merupakan langkah yang baik bila kita ingin sukses di dunia. Dan semua pilihan yang kita tentukan hendaknya berlandaskan keimanan kepada Allah SWT agar kita termasuk orang yang bersyukur atas karunia dan anugrah yang diberikan oleh Allah SWT.

Kesuksesan bisa di raih bila ia berlandaskan atas Keimanan

^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *