Pilihan dalam Hidup 2

Tulisan sebelumnya, saya mencoba memaparkan sedikit tentang benturan antara idealisme dengan realita. Yang sering kali terjadi dan dialami setiap manusia. Baik itu hal-hal yang kecil maupun yang besar. Dalam menyikapi benturan antara idealisme dan realita, sering kali kita harus memilih diantara 2 hal tersebut. Ini merupakan cara pandang yang kurang tetap. Kita perlu memahami setiap pilihan yang akan kita pilih, bukan berdasarkan kebutuhan dan kepentingan sesaat. Namun kebutuhan dan kepentingan yang dapat berlangsung terus menerus. Ada 2 cara dalam menyikapi benturan antara idealisme dan realita:

1. Win-Win Solution

Prinsip dasar dari win-win solution adalah keuntungan yang didapatkan dari 2 pihak. Dalam bahasa sainsnya disebut dengan Simbiosis Mutualisme. Dalam menentukan benturan antara idealisme dan realita, maka penggunaan cara ini cukup efektif. Karena saat memilih dengan metode ini maka tidak akan ada yang dirugikan. Ada 4 tahapan dalam mencoba metode ini.

a. Hilangkan pikiran negatif

Usahakan tidak berpikiran negatif. Karena dengan melihat dari sisi negatif, maka kita hanya akan melihat keburukan yang akan didapatkan. Kita melihat masalah bukan dari efek negatif yang akan didapatkan. Tapi melihat dari sisi positif tiap pilihan yang akan kita pilih. Semakin banyak sisi positif dari pilihan yang akan kita pilih, maka semakin baik pula pilihan tersebut.

b. Mengeksplorasi konteks dan pilihan

Setelah kita hilangkan pikiran negatif, maka tahap berikutnya adalah mengeksplorasi konteks dan pilihan. Tahapan ini adalah mencoba menyusun kemungkinan-kemungkinan yang terjadi dari tiap pilihan yang ada. Semakin banyak kemungkinan yang diperkirakan akan terjadi, maka semakin tidak baik. Semakin sedikit kemungkinan yang akan terjadi maka semakin baik. Karena pertimbangan waktu yang harus dilakukan di setiap kemungkinan tersebut. Semakin banyak kemungkinan maka semakin banyak waktu yang dibutuhkan dan begitu sebaliknya.

c. Fokus pada Solusi

Setelah kita hilangkan pikiran negatif dan mencoba untuk melihat sisi positif atas pilihan yang akan kita pilih dan mengeksplore konteks dan pilihan, maka langkah berikutnya adalah memfokuskan pada solusi yang akan didapatkan. Dari 2 tahapan sebelumnya bisa kita lakukan solusi mana yang terbaik. Dan mencoba untuk mencari solusi bukan menambah masalah dan pilihan.

d. Ikhlas

Setelah kita mendapatkan solusi atas pilihan yang kita hadapi, langkah berikutnya adalah keikhlasan hati atas pilihan yang kita pilih. Dengan keikhlasan maka akan dapat menjalankan solusi yang telah didapatkan. Dan ketahuilah, setiap pilihan yang kita tentukan, hanya merupakan rencana manusia. Ingat bahwa Allah SWT merupakan perencana terbaik. Dan Allah selalu memberikan yang terbaik bagi hamba-Nya yang beriman dan bertaqwa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *