Pilihan dalam Hidup 1

Setiap hal yang kita lakukan saat ini, hasil masa depannya adalah misteri. Kita tidak tahu hasil akhir perjalanan hidup ini. Apakah berakhir dengan baik atau buruk. Kita hanya bisa memperkirakan hasilnya atas kinerja dan usaha yang kita lakukan saat ini. Bila kita berusaha untuk menggapai kebaikan, maka kebaikan juga lah akhir yang didapat. Begitupun sebaliknya, bila usaha dan kinerja kita penuh dengan keburukan, maka keburukan jualah akhir yang didapat.

Ada pepatah mengatakan bahwa “Hidup itu Pilihan”.

Dalam perjalanan hidup ini, begitu banyak tantangan dan hambatan yang harus kita hadapi. Tantangan dan hambatan dalam mencari pekerjaan dan melaksanakannya. Mencari partner hidup dan membentuk keluarga SaMara. Mengejar surga Allah dengan menjadi hamba-Nya yang beriman dan bertaqwa. Setiap yang kita arungi tentunya adanya pilihan-pilihan yang itu semua menjadikan perjalanan hidup ini berwarna dan bermakna.

1. Pilihan dalam Pekerjaan

Bila kita seorang yang freshgraduate dari jurusan teknik, maka sudah menjadi idealisme kita bahwa kita akan bekerja di bidang engineering. Bidang yang sesuai dengan jurusan saat kita kuliah. Namun terkadang, idealisme ini terbenturkan dengan realita yang ada. Di saat ada kesempatan pekerjaan di luar bidang yang menjanjikan, maka kita akan bingung menentukan pilihan. Apakah kita tetap bertahan dengan idealisme kita atau mengambil kesempatan atas realita yang dihadapi.

2. Pilihan Partner Hidup

Setelah mendapatkan pekerjaan, maka seseorang akan melangkah perjalanan hidupnya untuk membentuk keluarga. Di saat itu iya akan menentukan partner hidup yang akan menemani selama hidupnya. Mencari partner hidup pun kadang sangat sulit. Ia akan menentukan pilihannya dengan pertimbangan perasaan atau realita yang dihadapi. Disaat perasaan yang diutamakan, maka pilihannya terkadang akan tidak sesuai dengan realita. Misal seorang perempuan yg telah mendapatkan pekerjaan yg mapan, namun memilih laki-laki yang tidak bekerja dan tidak jelas masa depannya. Ini akan mempengaruhi psikologis dan intelejensia dari kondisi rumah tangga. Akan ada pergantian peran dimana istri akan mencari penghasilan, dan suami di rumah mengurus rumah tangga.

3. Pilihan Akhir Hayat

Akhir hayat kita misteri. Kematian yang akan kita hadapi juga misteri. Kita tidak tahu apakah hari ini, besok, atau lusa kita akan menjemput kematian. Kita tidak tahu kematian yang kita hadapi adalah baik menurut Allah atau tidak. Pilihan ini kita yang menentukan. Apakah surga yang ingin kita capai atau neraka. Apakah ridho Allah yang ingin kita raih apa murka Allah.

Bersambung………..

0 Comments to “Pilihan dalam Hidup 1”

  1. Assalamualaikum saudara.. nice blog ti

    1. Waalaykumslm………. Sama2 sul, masih newbie nih……. he he he he……..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *