Be Confident

Percaya diri adalah keyakinan pada kemampuan diri sendiri untuk memberikan yang terbaik. Ada 3 poin yang menjadi penekanan dari konsep percaya diri ini, yaitu keyakinan, kemampuan dan memberikan yang terbaik. 3 poin ini menjadi kata kunci bila kita ingin menjadi orang yang percaya diri.

1. Keyakinan

Yakinlah apa yang ada pada diri kita ada potensi yang tersimpan yang dapat menghasilkan sesuatu. Ini merupakan awal mula bila kita ingin mengikrarkan diri untuk bisa menjadi percaya diri. Bila kita tidak meyakini bahwa kita bisa dan mampu mengeluarkan potensi kita, maka rasa pesimistis dan mudah menyerah yang akan keluar, bukan rasa percaya diri. Keyakinan pada diri sendiri bahwa diri ini mempunyai potensi yang besar untuk menghasilkan sesuatu, menjadi mutlak bila kita ingin percaya diri.

2. Kemampuan

Tiap manusia diciptakan oleh Allah diberikan kemampuan yang berbeda. Ada yang diberikan oleh Allah kemampuan akal, fisik dan hati yang baik. Ada juga yang hanya diberikan salah satu kemampuan dari tiga tersebut. Namun Allah telah mewahyukan dalam Al Qur’an bahwa setiap beban yang diberikan oleh Allah, sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh hamba-Nya. Ini merupakan pijakan bagi setiap manusia bahwa setiap diri kita mampu untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi sesuai dengan kemampuan diri. Begitu juga dengan kepercayaan diri. Ianya dibangkitkan oleh rasa yakin akan kemampuan diri sendiri. Bahwa ia lahir dari potensi yang ada pada diri sendiri.

3. Memberikan yang Terbaik

Keyakinan yang telah dimiliki akan potensi diri bahwa memiliki kemampuan yang dapat menghasilkan sesuatu, maka proses yang dilakukan harus lah dengan maksimal. Maksimal yang dilakukan maksudnya adalah memberikan yang terbaik. Berikanlah dan tunjukkanlah kemampuan yang dimiliki merupakan kemampuan yang terbaik yang dimilki. Keluarkan segala potensi yang dimiliki secara maksimal. Untuk dapat menghasilkan karya yang terbaik. Semakin maksimal kemampuan yang dikeluarkan maka hasilnya didapatkan adalah nuah karya yang terbaik.

Ketiga poin dasar dalam menumbuhkan rasa percaya diri ini, perlu didasari oleh Keimanan kepada Allah SWT. Bila ia telah keluar dari keimanan, maka kepercayaan diri ini akan berefek negatif pada diri sendiri dan orang lain. Kepercayaan diri yang berefek negatif adalah percaya diri yang berlebihan sehingga mudah meremehkan orang lain. Percaya diri yang berlebihan ini dapat menghasilkan sikap yang egois, sombong, apatis, individualis dll. Selayaknya kita tetap menyandarkan setiap aktifitas kita pada Allah SWT sehingga aktifitas yang kita lakukan di ridhoi oleh Allah SWT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *