Ucapkanlah “Terima Kasih”

Kata yang sering kita ucapkan saat ada orang yang membantu kita dalam menyelesaikan permasalahan, baik kecil maupun besar adalah ‘Terima Kasih’. Kata yang terucap saat ada orang memberikan kita hadiah adalah ‘Terima Kasih’. Kata yang terucap saat ada orang memotivasi kita adalah ‘Terima Kasih’. Kata yang sangat bermakna bila kita ucapkan kepada orang-orang yang berjasa dalam hidup kita. Kata yang akan memberikan efek positif dalam kita berinteraksi dengan orang lain.

Kata ‘Terima Kasih’ selalu kita berikan kepada orang yang berjasa dalam kehidupan kita. Dan yang sering sekali adalah kepada orang-orang yang berjasa langsung kepada kita seperti Orang Tua, Dosen, Teman dan Saudara. Namun, yang berjasa atas sukses kita secara tidak langsung jarang sekali dan mungkin tidak pernah, terucapkan kata ‘Terima Kasih’. Karena kita sering kali menganggap orang-orang ini tidak ada kaitan secara langsung atas sukses yang kita raih. Siapakah mereka yang telah berjasa secara tidak langsung atas sukses yang kita raih?

1. Petani dan Peternak

Mereka adalah orang-orang yang telah berjasa kepada kita. Mereka membanting tulang dari pagi hingga sore untuk membajak sawah, menanam padi. Mereka yang telah menanam sayur dan buah-buahan yang kita konsumsi. Mereka yang selalu memberikan hasil terbaik dari panennya untuk kita konsumsi. Mereka yang telah mengembala kambing dan sapi untuk dipelihara dan dipotong untuk diambil dagingnya. Mereka yang telah berjuang untuk melaut mencari ikan di laut, yang kadang harus menghadapi kondisi ekstrim di lautan. Apa saja makanan yang kita makan saat ini diwarung makan adalah karena jasa mereka yang rela mengeluarkan segenap tenaganya untuk memberikan yang terbaik dari hasil panen dan ternaknya untuk kita konsumsi.

2. Penjual Makanan

Disaat kita sibuk dengan agenda dan aktifitas kita, ada segelintir orang yang bangun pagi dari jam 3 untuk menyiapkan makanan. Mereka memasak makanan yang mereka beli dari hasil petani dan peternak dan diolah menjadi menu masakan yang beragam. Mereka yang memasak dengan cita rasa tinggi untuk memuaskan para konsumennya. Selalu memberikan pelayanan yang maksimal dalam menyuguhkan masakan. Merekalah penjual makanan. Baik itu warung makan, yang menggunakan gerobak dorong, maupun yang sudah memiliki cabang dimana-mana. Mereka akan memberikan makanan terbaik untuk kita konsumsi. Sehingga hingga saat ini kita dapat menikmati masakan yang beragam dan sehat sebagai penunjang dalam meraih kesuksesan kita.

3. Petugas Kebersihan

Kebersihan adalah salah satu penunjang aktifitas kita. Bila kondisi bersih maka dalam beraktifitas kita akan merasa nyaman. Kenyamanan dalam bekerja maka akan mengantarkan kita pada sukses dalam kehidupan.  Kenyamanan yang kita dapatkan tidak terlepas dari mereka-mereka yang bekerja di bidang kebersihan. Mulai dari membersihkan wc dan toilet, kamar mandi, ruang kantor, tempat ibadah, jalanan, taman-taman, dll. Mereka yang rela bekerja membersihkan kotoran-kotorang yang kadang berasal dari kita. Mereka yang selalu memungut sampah di jalan hanya untuk melihat kondisi kotanya bersih. Mereka petugas kebersihan yang selalu memberikan yang terbaik agar dapat memberikan kenyamanan pada kita.

4. Petugas Transportasi

Bila kita belum mempunyai kendaraan, maka kita akan memilih untuk menggunakan kendaraan umum. Kendaraan umum yang kita gunakan, walaupun saat ini masih bermasalah, namun transportasi umum juga memberikan andil besar atas kesuksesan yang  kita raih. Mereka yang bekerja di bidang transportasi rela bangun pagi-pagi untuk menyiapkan kendaraan untuk dioperasikan. Mengecek setiap alat-alat yang ada di transportasi guna memastikan bahwa dapat dioperasikan. Bekerja dari pagi hingga sore yang terkadang juga hingga malam, untuk melayani warga yang menggunakan kendaraan umum. Memberikan senyuman yang lebar setiap kita naik dan turun dari kendaraan, agar pengguna kendaraan merasa nyaman menggunakan kendaraan umum. Semua ini untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi kita sebagai pengguna kendaraan.

Mereka semua adalah sebagian kecil yang juga berjasa atas sukses yang kita raih. Yang terkadang kita tidak pernah mengucapkan ‘terima kasih’ kepada mereka. Ucapan yang bagi mereka sarat dengan makna. Makna akan kerja mereka ternyata bermanfaat dan bermakna bahwa kerja yang mereka lakukan tidak sia-sia. Makna akan kerja mereka dihargai dan bukan kerja rendahan. Mari kita biasakan mengucap kata ‘Terima Kasih’ kepada mereka. Dari tangan-tangan mereka dan kerja keras mereka, walaupun tidak langsung, ternyata memberikan andil besar dalam mencapai kesuksesan yang kita impikan.

So, from now let us say Thank You to Them

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *