Rencana Allah yang Terbaik

Di dalam suatu organisasi ataupun perusahaan mengenal adanya perencanaan. Perencanaan untuk menjalankan roda organisasi atau perusahaan. Perencanaan ini dipikirkan oleh segelintir orang, dalam artian bahwa yang mengonsep perencanaan adalah para pemimpin oraganisasi maupu perusahaan. Para pemimpin ini menyusun perencanaan strategi untuk mengembangkan organisasi atau perusahaannya agar dapat memberikan pengaruh yang lebih kepada masyarakat. Mereka adalah orang-orang yang memiliki anugrah dari Allah untuk dapat menjalankan amanah mengembangkan organisasi atau perusahaan yang dipimpin.

Namun ada yang sering terlupa dari diri manusia.  Rencana kehidupan mereka yang telah mereka susun untuk 5 tahun, 10 tahun maupun 20 tahun mendatang adalah tidak lepas dari rencana Allah kepada manusia itu sendiri. Allah telah menetapkan di Lauh Mahfuz akan perjalanan hidup seseorang. Rezeki, jodoh dan mati telah Allah tentukan perjalanannya. Manusia hanya bisa merencanakan kemudian berikhtiar dan tawakal sembari juga berusaha dan berdo’a agar rencana yang telah disusun dapat berjalan dengan baik.

Perlu diketahui bahwa apa yang telah manusia rencanakan terkadang tidak sesuai. Ketidaksesuaian ini ada beberapa faktor yang mempengaruhi. Faktor internal seperti tidak berikhtiar dan tawakal, tidak pernah berusaha dan berdo’a, usaha yang dilakukan tidak maksimal, kecendrungan untuk pasrah dan menyerah, dll. Ini merupakan rencana yang telah tersusun tidak tercapai dan kadang tidak dilaksanakan.

Namun bila kita telah berdo’a dan berusaha kemudian juga berikhtiar dan tawakal, perencanaan yang telah kita susun ternyata juga tidak tercapai maka berarti Allah belum memberikan jalan. Allah telah menetapkan di setiap diri hamba-Nya akan nasib mansia di bumi. Dan setiap ketetapan dari Allah, maka itu merupakan ketetapan yang terbaik bagi hamba-Nya. Karena Allah telah merencanakan skenario hidup pada setiap manusia dan skenario ini merupakan yang terbaik. Tinggal manusia mau memahami atas setiap ketetapan yang telah Allah berikan kepada kita

Allah akan memberikan yang terbaik bagi manusia yang beriman dan bertaqwa. Setiap perjalanan hidup ini, perlu kita ketahui dan pahami bahwa ini merupakan rencana Allah. Dan rencana Allah merupakan rencana yang terbaik. Setiap ketentuan yang telah Allah berikan bagi manusia, hendaknya menjadikan manusia untuk selalu berikhtiar dan bertawakal kepada Allah. Agar kita termasuk orang-orang yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Dan janji Allah atas orang yang beriman dan bertaqwa adalah Jannah-Nya di Akhirat kelak.

Wallahualam bishowab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *