Pengalaman Interview

Berawal dari kabar tentang adanya close recruitment untuk mengisi posisi Fuel Control oleh BKI yang ada contract dengan salah satu perusahaan kelas dunia, yang dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 19 Maret 2011, pengalaman pertama wawancara dengan perusahaan ternama pun di jalani. Pengalaman wawancara dengan salah satu perusahaan kelas dunia yang ada di Indonesia, tepatnya berada di Balikpapan, perusahaan itu bernama Total E&P.

Keikutsertaan pada close recruitment ini pun cukup mendadak. Keputusan yang saya ambil untuk ikut serta dalam wawancara ini pada pagi hari 2 jam menjelang tes. Karena dorongan dari teman-temanlah, saya memutuskan untuk ikut serta dalam tes wawancara. Kata teman-teman, “Coba aja muf, untung-untung cari pengalaman bagaimana rasanya di interview”

Yang mewawancarai langsung dari user Total E&P. Saya lupa nama beliau. Beliau orangnya ramah dan enak di ajak bicara. Selama wawancara pun tidak ada pertanyaan yang serius. Beliau bilang, wawancara ini hanya pre-interview untuk mengetahui kesiapan diri sebelum di panggil ke balikpapan dan di tes kembali disana. Agar ada gambaran akan bentuk wawancara yang akan dijalani pada saat di balikpapan yang langsung dipimpin oleh atasan beliau nantinya.

Ada pelajaran dan pengalaman yang dapat saya petik dari wawancara kemaren, berikut 3 pertanyaan yang diajukan dan pelajaran yang bisa di ambil:

1. Pemahaman CV

Setiap tulisan yang kita buat di CV, benar-benar bisa kita pahami. Saat kita menulis mengikuti seminar, maka kita harus dapat menjelaskan inti dari seminar tersebut. Saat kita memulis mengikuti pelatihan, maka kita juga harus bisa menjelaskan kebermanfaatan pada bidang studi yang kita ambil. Saat kita menulis mendapatkan penghargaan perlombaan atau olimpiade, maka kita juga harus bisa menerangkan manfaat dari setiap pengalaman perlombaan atau olimpiade yang kita ikuti. Jadi setiap seminar, pelatihan, penghargaan, dan pengalaman organisasi yang kita tulis di CV, kita harus bisa pahami dan bisa menjelaskannya pada saat interview

2. Experience

Ini adalah pertanyaan kedua yang dilontarkan oleh user dari Total E&P dan harus di jawab dengan menggunakan bahasa inggris. Tentang pengalaman yang tidak pernah terlupakan. Masing-masing kita harus mempunyai pengalaman ini. Kita harus mempersiapkan pengalaman atau moment penting yang bermanfaat. Jadi bukan sembarang pengalaman yang dipilih. Pilihan pengalaman perlu mengacu pada: semangat berjuang, tumbuhnya kepercayaan diri, kerjasama tim, prestasi yang pernah diraih, dll.

3. Teknis

Pertanyaan teknis menyangkut pekerjaan yang akan dilakukan. Kita perlu mengetahui seluk beluk perusahaan dan pekerjaan yang ditawarkan. Karena pertanyaan tentang teknis akan selalu muncul. Bila kita mengajukan ke perusahaan yang bergerak di bidang struktur, maka kita harus mempunyai ilmu tentang struktur. Bila pekerjaan yang ditawarkan tentang fliuda, maka kita harus mempunyai ilmu tentang fliuda. Dan dalam urusan teknis ini diharapkan kita dapat menggunakan logis kita, bukan hanya menghapal rumus tapi diharapkan bisa memahami rumus dan dapt memodifikasi rumus baku yang didapat saat perkuliahan. Modifikasi disini bukan maksudnya mengubah, tapi menerapkannya di lapangan dan menyesuaikan dengan kondisi lapangan.

Ada beberapa pelajaran yang saya dapat saat tes wawancara kemarin. Tapi nanti akan saya terangkan pada tulisan saya yang berikutnya. Semoga Bermanfaat

^_^

0 Comments to “Pengalaman Interview”

  1. Hmmm…bermanfaat..untuk dicoba! 🙂 thank u.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *