Pembangun Karakter Manusia 2

Sebelumnya kita membicarakan 2 pembangun karakter manusia, yaitu Ruhiyah dan Jasadiyah. Keduanya tidak bisa dipisah satu sama lain. Saling terikat dan melengkapi dalam setiap aktivitas kita. 2 hal yang utama menjadikan seseorang mempunyai karakter yang kuat dan mampu memberikan kontribusi yang signifikan dalam membangun bangsa ini.

Namun keduanya masih ada kekurangannya. Ianya perlu penunjang yang dapat membuat karakter seseorang menjadi lebih kuat lagi. Menjadikan seseorang yang mampu berkontribusi maksimal dan selalu memberikan yang terbaik disetiap aktivitasnya. 2 hal yang lain adalah Hati dan Akal.

3. Hati
Hati ibarat pengatur segala aktivitas kita. Hati adalah pusat kebijakan yang akan menentukan keputusan apa yang akan dikeluarkan. Hati menjadi cermin karakter dari seseorang. Hati menjadi tempat pertimbangan dalam menentukan sikap dalam beraktivitas. Semakin baik hati seseorang maka semakin baik karakter seseorang. Begitupun sebaliknya, semakin buruk hati seseorang maka semakin jelek karakter seseorang.
Yang membuat hati seseorang menjadi baik adalah seringnya ia berdzikir kepada Allah. Karena dzikir merupakan bentuk ketidakberdayaan hamba terhadap Rabb-Nya. Semakin kita sering berdzikir dan mengingat Allah, maka semakin baik dan bersih hati kita. Karena seseorang yang sering berdzikir menunjukkan bahwa ia sangat membutuhkan Rabb-Nya sebagai pencipta atas dirinya. Berdzikir lah setiap saat dimanapun kita berada. Dengan berdzikir maka kita akan selalu menundukkan hati kita bahwa kita hanya manusia biasa yang aktivitas kita semuanya merupakan atas izin Allah SWT.

4. Akal
Akal terletak pada tingkat intelegensia seseorang. Semakin baik intelegensianya maka semakin baik akalnya. Semakin baik akalnya maka semakin baik juga karakter seseorang. Ilmu pengetahuan sangat perlu bagi pembentukan karakter seseorang. Semakin banyak ilmu pengetahuan yang ada pada seseorang maka semakin baik karakternya. Namun semakin banyak ilmu yang didapat tidak menjadikan seseorang itu berkarakter baik. Karena ia perlu dilandasi dengan Ruhiyah, Jasadiyah dan Hati yang baik. Perlu mengkombinasikan semuanya untuk mendapatkan karakter yang kuat dan baik pada seseorang.
Dengan apa kita dapat meningkatkan tingkat intelegensia kita? dengan membaca dan mengikuti kajian ilmu pengetahuan. Semakin banyak kita membaca dan mengikuti kajian ilmu pengetahuan, semakin luas wawasan seseorang. Ia akan melihat dunia ini begitu luas dan banyak sekali ilmu pengetahuan yang bertebaran di dunia. Membaca merupakan pintu kita untuk mendapatkan ilmu pengetahuan. Dengan membaca, seseorang akan bertambah tingkat intelegensianya.

Kesemua 4 hal yang telah dibahas, tidak dapat dipisahkan satu sama lain dalam membentuk karakter manusia. Ianya saling berkaitan dan terikat. Bila ada salah satu yang terlupakan, maka karakter yang terbentuk juga jauh dari yang terbaik. Perlu dikombinasikan agar hasil yang didapat menjadi karakter yang akan meledakkan potensi yang ada pada seseorang. Semuanya tidak terlepas dari tingkat keimanan seseorang pada Rabb-Nya. Keimanan lah yang akan dapat menjalankan semua hal ini dan dapat membentuk karakter yang kuat. Memberikan karya yang terbaik untuk kemajuan bangsa dan agama.

follow me on twitter : @muftivariz
skype    : muftivariz
facebook  : Mufti Fathonah Muvariz
salingsapa.com : muftivariz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *