Motivasi Diri 1

Sering kali kita mengalami yang namanya kurang motivasi, tidak ada semangat dalam beraktivitas dan keluhan-keluhan karena tekanan di setiap aktivitas kita. Ini dialami oleh pemimpin tertinggi di suatu perusahaan hingga anak buah yang bertugas menjadi satpam dan supir. Kadang kita merasa motivasi dalam bekerja tidak ada. Tiap hari apa yang kita kerjakan hanya sebatas aktivitas biasa yang dilakukan dari bangun pagi hingga tidur dan terus tiap harinya seperti itu. Kira-kira apa yang menyebabkan kita sering kali mengalami yang namanya low motivations? dan apa yang dapat membuat kita dapat meningkatkan motivasi kita?. Berikut ulasannya:

Low Motivations:

1. Hidup tanpa ada tujuan

Ini salah satu penyakit yang dialami oleh masyarakat kita. Hidup tanpa ada tujuan yang jelas. Yang dilakukan sehari-hari hanya aktivitas biasa dan berulang-ulang. Tidak ada kejelasan apa manfaat disetiap aktivitas yang dilakukan. Sehingga tidak pernah adanya dinamisasi dalam aktivitas kesehariannya. Tujuan hidupnya hanya mengejar duniawi. Seperti harta, jabatan, dll. Setelah mendapatkan semuanya maka akan merasa kebingungan akan apa yang akan dilakukan berikutnya. Orang seperti ini akan mudah turun motivasinya karena motivasi yang berjangka pendek.

2. Lingkungan Kerja

Tempat kerja adalah tempat dimana orang-orang beraktivitas kesehariannya sesuai dengan job list masing-masing untuk mencapai tujuan bersama. Ada tempat kerja yang setiap harinya bekerja full time. Ada yang hanya setengah hari dan ada pula bekerja bila ada tender yang didapat. Orang yang bekerja full time tiap hari, dapat menurunkan motivasinya. Karena ia harus bekerja terus dari jam 8 hingga jam 4 sore dan full bekerja. Kadangkala dapat menurunkan motivasi seseorang karena bekerja secara monoton. Orang yang bekerja bila sudah dapat tender, sebelum menunggu tender kebanyakan tidak ada aktivitas. Ini juga dapat menurunkan motivasi seseorang. Karena lamanya menunggu pekerjaan dan target penyelesaian dari proyek yang kadang begitu mepet sehingga bekerja lembur.

3. Teman

Teman adalah cerminan dari diri kita. Bila kita berteman dengan orang yang bermotivasi baik maka kita juga akan bermotivasi baik. Begitupun sebaliknya, bila kita berteman dengan orang yang bermotivasi rendah maka kita juga akan bermotivasi rendah. Terkadang teman menurunkan setiap motivasi yang sudah kita tetapkan dengan mengatakan kemustahilan dalam ketercapaiannya. Sering kali pula menjatuhkan motivasi kita. Teman memainkan peranan penting dalam segala aktivitas kita. Ianya berpengaruh sangat signifikan bagaimana kita menjaga setiap motivasi kita.

Di atas adalah penyebab-penyebab yang seringkali menurunkan motivasi diri kita. Sebenarnya masih banyak lagi penyebab-penyebab yang lain. Namun 3 ini merupakan persentase terbesar yang sering kali dijumpai oleh seseorang yang mengalami penurunan motivasi. Bila ada yang ingin menambahkan silakan di comment.

Untuk ulasan peningkatan dan penjagaan motivasi akan dijelaskan di tulisan saya berikutnya. Jangan lupa di like ya.

follow me on twitter : @muftivariz

skype : muftivariz

facebook : Mufti Fathonah Muvariz

salingsapa.com : muftivariz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *