Berusaha Menjadi Lebih Baik 2

Kalimt ‘menjadi yang terbaik’ yang sering kita ucapkan ternyata masih ada kelemahannya. Walaupun kalimat ini merupakan kalimat positif untuk membangkitkan semangat dan motivasi. Ianya tetap ada kekurangan yang mempunyai efek yang cukup negatif. Untuk memperbaharui kalimat tersebut, saya mengubahnya dengan kalimat ‘menjadi lebih baik’. Secara sederhana kita akan mengatakan bahwa kalimat ini sama saja, tidak ada perbedaan yang signifikan. Perbedaan dari 2 kalimat tersebut terletak dari filosofinya.

2. Menjadi Lebih Baik
Kalimay sederhana ini adalah kalimat yang sangat tepat bagi kita sebagai pemicu semangat dan motivasi. Kalimat ini sangat berbeda dengan kalimat ‘menjadi yang terbaik’. Ada nilai lebih dari kalimat ini bila kita menggunakannya. Nilai lebih yang akan memberikan hasil karya yang lebih bermakna.
a. Tujuan hidup yang panjang
Orang-orang yang menjadikan kalimat ‘menjadi lebih baik’, mereka mempunyai tujuan yang panjang. Tidak kondisional dan terbatas. Tujuan hidup mereka tidak hanya mengharapkan duniawi. Orang-orang seperti ini menjadikan akhirat merupakan tujuan akhirnya dan tetap berprestasi di duniawi.
b. Evaluasi diri
Menjadi lebih baik, penekanannya pada evaluasi diri. Setiap aktivitas yang dilakukan akn selalu di evaluasi. Apakah aktivitas yang dilakukan telah benar dan sesuai dengan tanggung jawabnya. Apakah aktivitasnya tidak bertentangan dengan syaria’t islam. Apakah aktivitasnya telah sesuai dengan tuntunan dari Rasulullah. Pertanyaan ini akan keluar terus bila kita menjadikan kalimat ‘menjadi lebih baik’ adalah kalimat motivasi kita.
c. Berkarya yang Terbaik
Setiap aktivitas yang dilakukan bertujuan menghasilkan karya yang terbaik. Tidak pernah ada kata bekerja seadanya saja, tapi bekerja dengan karya yang terbaik. Tidak pernah menyerah dan mengeluh atas aktivitasnya. Selalu menjadikan aktivitasnya adalah bagian dari bentuk Ibadahnya kepada Allah SWT.
d. Tidak Mengharapkan Penghargaan
Segala aktivitasnya dilakukan untuk menghasilkan karya yang terbaik. Bukan mengharapkan penghargaan berupa hadiah, jabatan, pujian, dll. Semua penghargaan yang didapat adalah efek dari karya terbaik yang dihasilkannya, bukan tujuan awalnya.

Mari kita jadikan kalimat ‘menjadi lebih baik’ adalah kalimat penyemangat dan motivasi kita. Kalimat yang akan membawa orangnya untuk mengeluarkan segala potensi yang ia punya. Kalimat yang akan membuat kita selalu memberikan karya yang terbaik dari setiap aktivitas kita. Kalimat perubahan diri yang nantinya akan bernilai lebih dan bermakna dalam mengarungi hidup ini.

MENJADI LEBIH BAIK MULAI SAAT INI

^_^

0 Comments to “Berusaha Menjadi Lebih Baik 2”

  1. Selamat menempuh hidup baru saudara,

    Maaf belum sempaet baca tulisanya, cukup sededar memberi comment aja ya

  2. wah mantab muf…. moment yang ga terlupakan iki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *